6 Makanan Penurun Kolesterol, Cocok Dimakan Saat Malam

6 Makanan Penurun Kolesterol, Cocok Dimakan Saat Malam

PrimaDaily– Ada jenis makanan yang cocok untuk dikonsumsi pada malam hari. Makanan ini direkomendasikan untuk penurun kolesterol. Sehingga Anda tidak kwatir untuk makan pada malam hari.

Jika perut terasa lapar pada malam hari, Anda bisa konsumsi 6 jenis makanan ini yang mampu untuk menurunkan kolesterol. Jadi, Anda jangan kwatir untuk konsumsinya.  Apa saja jenis makan itu? Yuk disimak ulasannya!

6 jenis makanan penurun kolesterol:

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu sumber lemak alami yang dapat membantu Anda untuk menurunkan kolesterol. Alpukat memiliki kandungan kaya vitamin. Vitamin yang terdapat dalam alpukat yaitu, vitamin B Kompleks, vitamin K. Alpukat juga mengandung mineral yang secara efektif dapat membasmi kolesterol yang menumpuk dalam saluran pencernaan.

2. Jeruk

Berdasarkan penelitian dari Pubmed Central yang menunjukan bahwa meminum jus jeruk bisa kurangi faktor-faktor yang berisiko penyakit jantung. Seperti tekanan darah dan kolesterol tinggi.

Sebagai contoh, ada sebuah penelitian pernah melibatkan 129 orang. Mereka diminta untuk konsumsi es jeruk dalam jangka waktu yang panjang. Terbukti, kadar kolesterol LDL menurun secara drastis.

3. Salmon

Konsumsi ikan salmon dapat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain itu, salmon juga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan stroke. Manfaat dari ikan salmon tersebut karena mengandung asam lemak omega-3 yang disebut EPA dan DHA.

4. Apel

Tak heran bila seseorang konsumsi apel secara teratur bisa menjadi detoks untuk sehatkan jantung. Karena, apel memiliki kandungan serat dan antioksidan yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh.

Hasil dari penelitian yang terdapat dari Jurnal dari University of Reading yang diterbitkan tahun 2015 mengungkap: konsumsi apel secara teratur bisa menurunkan risiko penyakit jantung akibat pola makan yang tidak sehat.

5. Okra

Okra merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan serta tinggi. Sehingga baik untuk penurunan kadar kolesterol pada tubuh.

Menurut dr Paulina Toding, SpGK dari RS Royal Progress, pernah menjelaskan bahwa okra bisa membantu atasi konstipasi. Selain itu juga bisa membuat rasa kenyang yang lama, dan pas untuk bagi yang diet.

“Serat (pada okra) juga dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan gula darah, namun ini masih perlu penelitian lebih lanjut,” ucap dr Paulina.

6. Tempe

Tempe adalah salah satu menu makanan yang terbaik dalam menjaga pola makan. Karena tempe memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, dan serat yang bisa menurunkan kolesterol jahat pada tubuh.

Menu makanan ini cocok dikonsumsi bagi yang memiliki kolesterol tinggi.  Supaya makin nikmat, tempe bisa dimasak sesuai keinginan, misalnya digoreng dengan menggunakan tepung.