Atasi Demam Berdarah Agar Cepat Sembuh dengan 6 Cara ini

Atasi Demam Berdarah Agar Cepat Sembuh dengan 6 Cara ini

PrimaDaily– Demam berdarah dengue (DBD) telah mewabah diberbagai tempat. Untuk atasi pasien yang terkena demam berdarah bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Namun ada 6 cara yang terbaik yang bisa anda lakukan untuk atasi salah satu keluarga Anda yang terkena penyakit demam berdarah. Demam berdarah disebabkan dari gigitan nyamuk yang dikenal dengan Aedes Aegypti.

Berikut ini adalah cara-cara menangani pasien demam berdarah yang sesuai anjuran dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC):

1. Beristirahatlah sebanyak mungkin, dan kurangi aktivitas fisik dan tenangi pikiran

Pada umumnya, penularan demam berdarah datang dari kondisi tubuh yang tidak fit. CDC memberikan saran kepada orang yang terserang  demam berdarah untuk beristirahat yang sepenuhnya.

Alasan utama mengapa perlu beristirahat adalah demi menurunkan suhu tubuh dan tidak membuatnya lebih parah.

2. Lakukan upaya pengontrolan suhu tubuh, dengan minum obat pereda demam dan pereda nyeri

Kamu bisa membantu pasien demam berdarah dengan berikan kompresan air dingin agar suhu tubuhnya bisa turun. Ini bisa dilakukan bagi pasien yang memiliki suhu tubuh yang sangat tinggi.

Selanjutnya, pasien demam berdarah bisa meminum paracetamol tiap enam jam sekali. Langkah tersebut bisa menjadi opsi untuk menurunkan suhu pada tubuh.

Tetapi, jangan mengonsumsi paracetamol lebih dari empat dosis per hari, karena itu memungkinkan seseorang terkena overdosis.

Peringatan dari CDC untuk tidak memberikan ibuprofen atau aspirin kepada penderita demam berdarah.

3. Hindari terjadinya dehidrasi dengan minum dalam jumlah yang banyak

Salah satu gejala demam berdarah adalah muntah-muntah dan itu bisa meyebabkan dehidrasi pada seseorang yang terserang demam berdarah.

Hal yang baik dilakukan adalah selalu sediakan air atau minuman yang mudah diserap dan suruh mereka untuk sering minum.

Gejala-gejala yang bisa dilihat sebagai tanda-tanda dehidrasi, antara lain: jarang pipis dan kencing berwarna kuning kegelapan, tubuh lemas, mata yang cekung, detak jantung serta pernapasan yang meningkat.

4. Jauhkan pasien dari nyamuk

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan bagi penderita demam berdarah adalah jauhkan dari nyamuk. Sebab, penderita demam berdarah membawa virus di dalam darahnya.

Penyakit ini bisa ditularkan jika ada nyamuk yang menggigit penderita, lalu menggigit orang lain.  Maka, penderita disarankan untuk memakai baju berlengan panjang dan celana panjang.

5. Perhatikan gejalanya

Ada baiknya untuk selalu memperhatikan proses demam berdarah, karena tanda-tandanya bisa menipu.

Secara umum, penurunan suhu tubuh terjadi setelah tiga sampai tujuh hari setelah gejala pertama tidak mengindikasikan pasien sembuh.

Sering kali turunnya demam ini dilihat sebagai tanda kesembuhan. Sehingga langsung melakukan aktivitas yang pada akhirnya membuat demam berdarah semakin parah.

Maka sebaiknya lakukan istirahat terlebih dahulu setidaknya selama dua minggu.

6. Makanlah jambu biji atau berbagai makanan sehat lain yang mudah dicerna

Mengkonsumsi jambu biji sangat bagus bagi penderita demam berdarah. Jambu biji yang sangat kaya vitamain C ini, dapat membantu pembentukan trombosit.

Pasien Demam berdarah akan alami penurunan drastis trombosit dalam tubuh. Selain jambu biji, pasien derita DBD sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

Meskipun sekarang ini Anda sudah mengetahui cara menangani DBD, alangkah baiknya pergi ke rumah sakit agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.