Beberapa Tips Dalam Memilih Sikat Gigi Anak

tips memilih sikat gigi anak

PrimaDaily – Orang tua sebaiknya tahu apa saja tips memilih sikat gigi untuk anak. Ya, memilih sikat gigi memang terkesan diabaikan. Toh semua sikat gigi sama saja. Memiliki batang dan brus yang kecil di ujung batang sikat. Eh tunggu dulu, anda juga harus cermat dalam memilih sikat gigi anak.

Biasanya, anak-anak akan makin semangat untuk menggosok giginya ketika sikatnya juga unik. Berbagai produk sikat gigi mulai dari yang memoles kesan kartun hingga ke bentuk dan warna sikat gigi. Anak-anak lebih menyukai warna sikat yang cerah.

BACA Manfaat Baby Oil Bagi Bayi, Moms Harus Tahu

Oleh karena menjaga kesehatan gigi itu penting, anda bisa menyimak tips di bawah ini.

Tips Memilih Sikat Gigi Anak

  • PILIH SIKAT YANG HALUS

Banyak merek produk yang menawarkan keunggulan produknya. Yang ini lebih lembut tapi bulunya cepat rontok, yang ini agak bulunya agak kasar namun gagangnya kokoh. Bahkan kerap orang tua tak memperhatikan itu. Orang tua akan menuruti permintaan anaknya yang menginginkan sikat gigi berhadiah mainan, padahal belum tentu bulu sikatnya halus.

Ketelitian diperlukan untuk hal yang satu ini supaya menghidari gusi dan gigi lainnya berdarah saat anak sedang menggosok gigi. Selain itu bulu sikat yang lembut/halus bisa merangsang pertumbuhan gigi pada usia anak dibawah 2 tahun.

BACA Tips Mama Muda: Cara Merawat Bayi Yang Baru Lahir

  • PERHATIKAN KEPALA SIKAT

Bentuk kepala sikat tentunya berbeda-beda. Bagi orang dewasa, kepala sikat akan terlihat lebih panjang/lebar serta lebat. Namun kepada anak-anak, pilihlah sikat sesuai usia anak. Bila masih balita, pilih bentuk sikat yang melebar atau membulat. Karena kepala sikat yang membulat mudah untuk menyikat sela-sela gusi dan gigi geraham.

  • GAGANG YANG TIDAK TERLALU BESAR

Sesuaikan juga ukuran gagang sikat. Jangan sampai anak kesulitan untuk menggenggam sikat giginya sendiri. Beli sikat gigi yang bergagang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu panjang. Itu akan memudahkan anak terutama bagi anak usia 12-24 bulan.

  • DESAIN SIKAT YANG MENGGODA ANAK

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, anak akan tertarik untuk selalu menjaga kesehatan giginya. Saat anda telah memperhatikan keamanan bulu sikat dan gagang yang cocok, cobalah temukan yang lebih unik lagi. Pilih sikat dengan warna kesukaan anak.