Benarkah Merawat Cucu Bisa Perpanjang Umur Lansia?

Benarkah Merawat Cucu Bisa Perpanjang Umur Lansia?

PrimaDaily – Apakah merawat cucu bisa perpanjang umur lansia? iya benar. Hal itu dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh psikolog Ralph Hertwig dari Max Planck Institute yang berbasis di Berlin, Jerman.

Menurutnya, orang yang lanjut usia yang menghabiskan waktu untuk bermain dan mengasuh cucunya ternyata memiliki kesehatan yang tinggi dan bisa berumur panjang.

Mengapa itu bisa terjadi? Itu bisa terjadi karena para kakek dan nenek memiliki banyak aktivitas fisik, dan membuat bahagia karena dekat dengan cucunya.

Penelitian yang dilakukan oleh psikolog Ralph Hertwing dengan mengevaluasi data dari studi tentang penuaan di Berlin, yang mewawancarai dengan 500 orang lebih yang berusia di atas 70 tahun.

Wawancara itu dilakukan pada tahun 1990 dan 1993. Para peserta riset diteliti hingga tahun 2009. Akhirnya, psikolog Ralph menemukan bahwa setengah dari kakek-nenek yang merawat cucu-cucu mereka masih mampu bertahan hidup hingga 10 tahun.

Namun, separuh dari kakek-nenek yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidak merawat cucunya telah meninggal dalam waktu 5 tahun setelah wawancara.

Menurut psikolog Ralph mengatakan tidak semua lansia yang menghabiskan waktunya untuk merawat cucu bisa perpanjang umur atau hidup mereka akan lebih lama.

Ia juga mengutip sebuah studi yang menyebutkan ada manfaat umur panjang bagi kakek-nenek yang memikirkan cucu sepanjang waktu, malah membuat kakek-nenek tersebut jadi stres.

Direktur pelaksana the German Senior Citizens League , Erhard Hackler mengatakan bahwa merawat anak-anak kecil dapat membantu dirinya untuk sehat.

Ia juga mengatakan bahwa orang yang telah lanjut usia bisa hidup sehat dan menyenangkan. Misalnya dengan mengajak cucuk bermain.

Cara lain untuk membuat lansia tetap aktif dan bahagia di masa tuanya adalah dengan melakukan kegiatan sosial. Hal ini membuat mereka merasa punya tujuan penting di masa tua.