Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Buah Mahkota Dewa

manfaat buah mahkota dewa

PrimaDaily – Manfaat buah mahkota dewa sudah terkenal bisa cegah penyakit kanker. Sebagai tanaman herbal dari daerah Papua, buah mahkota dewa memiliki rasa yang amat pahit sehingga bisa menjadi racun jika salah dikonsumsi.

Ciri-ciri buah mahkota dewa:

– bulat

– berwarna merah

– daging buah berwarna putih

Buah ini juga terkenal dengan nama buah simalakama, karena buah ini sebenarnya beracun namun bisa menyembuhkan. Meskipun dalam konteks penyembuhannya, buah ini menimbulkan efek samping mual dan pusing. Tapi jika melihat dari segi khasiatnya, buah mahkota dewa menarik untuk dibahas.

MANFAAT BUAH MAHKOTA DEWA

  • Mencegah Flu

Manfaat buah mahkota dewa yang pertama adalah mencegah flu. Anda bisa mencobanya dengan membuat ramuan mahkota dewa. Hal ini terbukti karena mahkota dewa mempunyai sifat antibakteri dan antivirus.

ADA Jenis Makanan Pencegah Perut Kembung

  • Mengatasi sakit kepala

Berkat sifat analgesik yang terdapat pada buah mahkota dewa, tentu bisa mengurangi rasa sakit kepala anda. Bisa juga sebagai pereda nyeri. Disamping itu flavonoid pada mahkota dewa berfungsi sebagai anti oksidan yang bisa menjaga tubuh anda.

  • Menstabilkan kadar gula darah

Gula darah sering menjadi momok bagi kebanyakan orang tua. Ada banyak sekali kandungan yang terdapat dalam mahkota dewa ini, antara lain: flavonoid, saponin, dan senyawa alkaloid.

Flavonoid telah terbukti bisa melepaskan insulin dan regenerasi sel beta pankreas. Begitupun dengan saponin yang terkandung dalam mahkota dewa bisa menurunkan lipid darah, selanjutnya bisa menurunkan respon gula darah. Sedangkan senyawa alkaloid berpera dalam kestabilan gula darah.

ADA Makanan Untuk Mencegah Kanker, Super Sekali!

Senyawa alkaloid menghambat absorbsi glukosa di usus dalam merangsang sintetis glikogen dan sintetis glukosa.

  • Menstabilkan tekanan darah

Saponin juga mampu untuk mengurangi resiko penggumpalan darah. Efek ini kemudian bisa mendukung tekanan darah agar lebih sehat.

  • Mencegah kanker

Mahkota dewa mengandung antioksidan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker serta merangsal sel untuk lenyap. Selain itu buah mahkota dewa mampu mengikat radikal bebas yang terjebak dalam tubuh.