Cara Mengobati Sariawan di Lidah, Bisa buat Sendiri di Rumah

Cara Mengobati Sariawan di Lidah

PrimaDaily Sariawan di lidah mengganggu saat makan dan minum, selain dapat menyebabkan rasa tidak enak juga sakit dan perih. Untuk itu harus melakukan beberapa cara untuk mengobati sariawan sariawan di lidah.

Sariawan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Kondisi medis seperti aphthous stomatitis (canker sores), stres, diabetes, infeksi HIV, kanker, kebiasaan merokok, efek samping obat-obatan tertentu, efek samping kemoterapi, luka di lidah, serta perubahan hormon di masa kehamilan adalah beberapa penyebab timbulnya sariawan (ulcer) di lidah.

Cara Mengobati Sariawan di Lidah, Bisa buat Sendiri di Rumah

  • Menyikat gigi dua kali sehari
    Hal ini dilakukan untuk menjaga kebersihan mulut. Jika perlu, gunakan benang gigi atau dental floss satu kali setiap hari. Sering-seringlah mengganti sikat gigi saat terkena infeksi jamur. Hindari berbagi pakai sikat gigi dengan orang lain, meskipun kerabat atau pasangan sendiri.
  • Jangan gunakan obat kumur atau spray
    Hal ini untuk menghindari pertumbuhan flora normal mulut, kecuali direkomendasikan oleh dokter untuk mengatasi kondisi tertentu.
  • Berkumur dengan air garam
    Campurkan 1/2 sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kemudian berkumur beberapa saat dan buang. Anda dapat berkumur dengan air garam beberapa kali dalam sehari.
  • Perbanyak minum air putih
    Jika sariawan terasa sakit saat Anda minum, maka gunakan sedotan.
  • Pilih makanan yang tidak perlu banyak dikunyah
    Misalnya, makanan lembut, agar-agar, dan es krim.
  • Yoghurt tanpa pemanis
    Untuk mengembalikan tingkat bakteri baik dalam tubuh, konsumsilah yoghurt tanpa pemanis yang mengandung Lactobacillus acidophilus, atau dapat juga diminum dalam bentuk kapsul.
  • Batasi asupan gula dan produk yang mengandung ragi
    Seperti roti, bir, serta wine yang dapat mendorong perkembangan jamur.