Cara Menyimpan Ice Cream Home Made Yang Benar

Cara Menyimpan Ice Cream

PrimaDaily – Ice Cream adalah makanan terfavorit kebanyakan anak di seluruh dunia. Sebagai orang tua, tentunya anda tahu bagaimana cara menyimpan ice cream yang benar agar tidak cepat meleleh. Ya jawabannya memang harus dimasukkan ke dalam kulkas. Tetapi bagaimana jika ice cream yang anda simpan juga tetap meleleh saat dimasukkan ke dalam kulkas? Ada kemungkinan cara anda salah dalam proses penyimpanan.

Pertanyaan sepele ini kadang dianggap tak perlu/ tak membutuhkan jawaban. Tapi ini perlu untuk diketahui.

Cara Menyimpan Ice Cream Home Made Yang Benar

1. Di Dalam Kulkas

Simpan Ice Cream Pada Wadah Kedap Udara

Saat kita membeli ice cream dari luar maka tak ada yang perlu dikhawatirkan sebab pengemasannya pasti sudah baik. Di dalam freezer atau mesin pendingin, ice cream akan tetap seperti semula jika belum ingin dimakan. Lantas jika ice cream nya buatan anda sendiri, anda bisa memasukkan ke dalam sebuah wadah yang kedap udara.

Lapisi Permukaan Dengan Plastik

Setelah dimasukkan ke dalam wadah yang kedap udara, selanjutnya adalah membungkus atau melapisinya lagi dengan plastic wrap. Lapisi dengan sangat rapat. Plastic wrap bisa kita beli di pasar dengan harga yang cukup terjangkau dan bisa digunakan juga untuk melapisi produk lain.

Manfaatnya supaya mencegah pembentukan kristal es yang berpotensi membuat tekstur ice cream menjadi lebih keras. Jika hal ini terjadi maka secara otomatis rasa ice cream akan berubah perlahan. Bisa menjadi kurang manis.

Mengatur Suhu Mesin Pendingin

Suhu yang baik untuk menyimpan ice cream adalah -17 derajat celcius.

Taruh Ice Cream Di Bagian Paling Belakang Freezer

Karena setiap kulkas sudah dilengkapi freezer, maka segera letakkan ice cream yang sudah dikemas tadi di sudut belakang freezer. Suhu di sana tergolong stabil. Sebab saat diletakkan pada bagian paling depan akan mempengaruhi suhu ketika pintu kulkas dibuka tutup.

Jangan Menyimpan Ice Cream Selama Sebulan

Meski fungsi kulkas adalah untuk mengawetkan ketahanan makanan, tetapi tidak bagus juga jika anda menyimpanan makanan terlalu lama di dalam kulkas, termasuk ice cream. Selain itu, cita rasa akan berubah jika anda menyimpannya selama mungkin. Tentu tak enak lagi di lidah.

2. Di Luar Kulkas

Jika anda penasaran, apakah ice crem bisa bertahan tanpa kulkas, caranya adalah:

– menyimpannya pada sebuah ember khusus penyimpanan ice cream yang terbuat dari nilon dan sterofom

– lapisi dengan aluminium foil agar daya tahan suhu bisa terjaga

– tambahkan es batu ke dalamnya

Cara ini hanya bisa bertahan sekitar 3 jam saja.

3. Di Tempat Piknik

Saat anda berpiknik, ice cream home made anda tentu bisa dibawa dengan menggunakan bantuan dry ice. Terlebih dahulu masukkan dry ice ke dalam kantong plastik. Tetapi ketahanan dengan cara ini hanya mampu sekitar satu jam saja.

Ice cream memang sangat nikmat untuk dinikmati pada cuaca terik. Dan ice cream buatan sendiri tentulah lebih baik untuk dikonsumsi karena tidak mengandung bahan-bahan pengawet. Anda pasti tahu bahan yang terbaik untuk ice cream yang akan anda konsumsi bersama keluarga.

 

artikel lainnyaMinuman Yang Cocok Saat Musim Hujan