Dampak Buruk Minum Kopi, Jika Kebanyakan!

dampak buruk minum kopi

PrimaDaily – Dampak buruk dari minum kopi tentu harus kita perhatikan secara seksama. Karena bila tidak maka akibatnya bisa fatal. Menurut Mayo Clinic, kandungan kafein pada satu cangkir kopi adalah sekitar 95 – 200 mg.

Kopi merupakan sebuah minuman berwarna gelap yang akan terasa sangat pahit bila tak mencampurkan gula ke dalamnya. Akan semakin nikmat bila kopi diseduh dengan air yang baru dimasak.

Bagi pecintanya, kopi sering kali dijadikan sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi setiap hari. Bahkan pecinta kopi bisa mengabiskan dua hingga tiga gelas per hari.

Penggemarnya sangatlah banyak, mulai dari kalangan remaja hingga ke orang tua. Banyak pula yang mengatakan bahwa kopi adalah sumber inspirasi untuk berpikir. Dan itu memang benar.

Tapi ketahuilah, sesuatu yang secara berlebihan juga tidak baik untuk dilaksanakan. Mau tahu dampak buruk saat anda kebanyakan minum kopi?

Dampak Buruk Yang Ditimbulkan Saat Kebanyakan Meminum Kopi

Berikut ini sejumlah efek yang berbahaya bagi kesehatan.

Terkena Diabetes

Diabetes adalah suatu kondisi penyakit yang ditandai dengan kadar gula tinggi (di atas normal). Ketika anda meminum kopi secara terus menerus, maka dampak ini bisa saja muncul pada anda.

Bagi anda yang ternyata sudah terkena diabetes tipe 2, ada baiknya menghidari minuman penginsiprasi ini. Karena kalau tidak, kafein yang terkandung dalam kopi akan merusak metabolisme glukosa anda.

Masalah Pencernaan

Sebagian orang beranggapan bahwa kopi merupakan sebuah stimulan yang mampu menaikkan metabolisme sehingga bisa menurunkan berat badan.

Padahal sebenarnya mengonsumsi kopi secara kebanyakan justru sangat membahayakan kesehatan. Dampak yang ditimbulkan misalnya diare dan syndrome iritasi usus.

Penyakit Jantung

Jenis penyakit ini sebaiknya kita hindari betul. Karena jantung merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia.

Lihat juga artikel: Kiat Mengatur gaji sedikit dalam sebulan

Insomnia

Kafein yang terkandung dalam kopi bisa membuat anda tidak bisa tidur.

Anehnya, bagi kaum milenial sekarang ini, gangguan tidak bisa tidur bukannya dihindari tapi malah selalu dicari. Jalan satu-satunya adalah meminum kopi.

Menyebabkan Asam Lambung

Dampak buruk dari minum kopi dapat menyebabkan asam lambung. Kadar asam yang tinggi di dalam lambung menyebabkan protein kehilangan stuktur lipatannya dan juga membuka ikatan peptida dalam tubuh.

Hindarilah mengonsumsi kopi sebanyak mungkin bila lambung anda ingin sehat.

Resiko Osteoporosis

Osteoporosis (pengeroposan tulang) rupanya bukan hanya diterima oleh orang-orang yang sudah tua saja, tetapi saat kita meminum kopi secara berlebihan pun bisa terkena osteoporosis.

Kafein mampu mengikis kalsium yang ada dalam tubuh.

Inkontinensia

Khususnya bagi wanita, mengonsumsi kafein sebesar 70% atau lebih maka akan meningkatkan inkontinensia. Inkontinensia adalah kondisi dimana ingin buang air kecil secara terus menerus. Jadi sebaiknya batasi minum kopi anda.