Dengarkan 5 Lagu ‘Self Healing’ Ini, Bisa Menenangkan Hati Anda

Dengarkan 5 Lagu 'Self Healing' Ini, Bisa Menenangkan Hati Anda

PrimaDaily– Ketika Anda sedang merasa sendiri dan tidak ada teman. Mendengarkan sebuah lagu bisa menjadi teman untuk menenangkan hati Anda yang gelisah. Tidak hanya mengusir kebosanan, tapi bisa menjadi penyemangat hidup.

Di satu sisi, isu kesehatan mental sedang gencar-gencarnya di suarakan. Ada beberapa musisi di Indonesia ikut peduli tentang isu kesehatan mental melalui satu karya lagu yang dapat membantu pendengarnya self healing.

Berikut daftar lagu yang bisa menenangkan hati dan bikin semangat:

1. Rehat – Kunto Aji

Lagu-lagu dari Kunto Aji dapat dijadikan sebagai media self healing. Sebut saja mulai dari Rehat, Sulung, Bungsu, Konon Katanya, hingga Saudade.

Tidak hanya liriknya yang memiliki implikasi psikologis, tetapi sebagian orang menganggap lagu ini mampu untuk healing, Kunto Aji rupanya juga memberikan eksperimen lain di album tersebut. Album tersebut terdapat frekuensi Solfeggio di dalam lagu Rehat, yakni lebih tepatnya frekuensi 396 Hz yang dianggap bisa mengeluarkan pikiran negatif. Hal tersebut bisa dirasakan di bagian outro lagu tersebut. Keren!

Terkhusus lagu yang berjudul Rehat, Kunto Aji menggambarkan lagu itu seperti layaknya bertemu dengan orang yang tepat untuk dijadikan teman curhat. Selain itu, lagu Rehat memberikan pengajaran untuk tetap tenangkan hati dari huru-hara kehidupan yang cepat ini.

Apabila mendengar lagu Rehat, rasanya seakan Kunto Aji sedang berbisik di telinga setiap kali ingin melangkah untuk mencoba sesuatu yang baru: “Yang kau takutkan takkan terjadi.”

2. Membasuh – Hindia feat Rara Sekar

Mendengar lagu Membasuh dari Hindia Feat Rara Sekar membuat hati sejuk dan tenang. Dari lagu tersebut, kita diajarkan untuk melihat hal-hal yang sederhana dalam hidup yang selama ini ada disekitar kita. Selain itu, lagu Membasuh juga membawa pesan untuk tidak mengharapkan balasan dari orang lain. Terkadang dalam hidup ini sering sekali menaruh ekspetasi yang berlebih kepada orang lain.

Apalagi kita sering berharap kepada dunia maupun orang lain dapat membalas apa yang kita perbuat. Padahal kita tahu, seringkali hal tersebut tidak akan terwujud. Dan mungkin saja, balasan tersebut datang dalam bentuk lain yang tidak kita sadari selama ini.

3. Untuk Hati yang Terluka – Isyana Sarasvati

Dalam menjalani hidup, sering sekali kita mendapatkan kegagalan dan merasakan luka. Di lagu Untuk Hati yang Terluka ini seakan mengisyaratkan bahwa kita tidak sendirian dalam menghadapi semua masalah itu.

Selagi berproses untuk menggapai mimpi, pasti akan ada satu momen untuk kita merasakan pahitnya gagal dan kecewa. Akhirnya membuat kita tepuruk dan merasa berada di titik terendah dalam hidup.

Terlepas dengan alunan musik yang terdengar mendayu dan menyentuh, lagu dari album Lexicon ini mengajak pendengarnya untuk bangkit dari keterpurukan; ‘Jika kau tak dapatkan yang kau impikan bukan berarti kau tlah usai’.

4. Merakit – Yura Yunita

Bagi Anda yang sedang merasa lelah atau putus asa dalam menggapai impian, mendengar lagu Merakit dari Yura Yunita sangat cocok untuk membangkitkan semangat dan memotivasi Anda kembali untuk berjuang.

Lagu dari Yura Yunita ini sudah tidak diragukan lagi untuk membangkitkan semangat. Dengan nadanya yang up beat dan full of spirit, Yura mengajak kita untuk bangkit setelah mengalami kegagalan dan kembali berdiri untuk merakit mimpi.

5. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti – Banda Neira

Kerasnya dalam menjalankan hidup saat beranjak dewasa, digambarkan jelas dari lirik pembuka lagu ini. Apalgi ketika diri sudah merasa rapuh dan tidak sanggup lagi melangkah, ternyata hidup tidak selamanya sesuai dengan ekspetasi.

Jatuh dan tersungkur di tanah aku
Berselimut debu sekujur tubuhku
Panas dan menyengat
Rebah dan berkarat

Setelah puas renungi semua kejadian yang terjadi dalam hidup, lirik selanjutnya dari lagu ini memberikan sedikit cahaya harapan. Bahwa tidak selamanya yang sia-sia tidak bermakna, rasa sakit yang dialami perlahan akan sembuh. Apalagi ketika merasa lemah, suatu saat akan bangkit lagi. .

Yang patah tumbuh, yang hilang berganti
Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang suatu saat henti
Yang pernah jatuh kan berdiri lagi

Lima lagu ini menjadi pilihan yang tepat untuk Anda dengar. Apalagi ketika Anda sedang merasa sendiri, merasa gagal, merasa tidak mampu dan lainnya. Melalui lagu ini dapat memberikan semangat dan motivasi untuk bangkit dari kegagalan atau kekalahan yang membuat Anda putus asa.