Kemenhub Menyatakan ada Jalur Khusus bagi WNA masuk Indonesia

PrimaDaily – Kemenhub atau Kementerian Perhubungan menyatakan akan membuat jalur khusus yang dilewati bagi warga negara asing (WNA) yang datang dari negara episentrum penyebaran virus corona di seluruh bandara.

Diketahui, wabah virus corona terus menyebar hingga saat ini. Tercatat, virus itu sudah membunuh 3.117 orang hingga Selasa (3/3).

Berdasarkan data JohnHopkins, per Rabu (4/3) virus sudah menginfeksi 94.189 orang lainnya. Dari total infeksi tersebut, kasus terbanyak terjadi di China.

Total kasus infeksi di Negeri Tirai Bambu tersebut mencapai 80.270. Sementara itu jumlah korban meninggal akibat kasus tersebut di China mencapai 2.981 orang.

Kasus terbanyak kedua terjadi di Korea Selatan. Total kasus infeksi mencapai 5.621 dengan jumlah kematian 28. Kasus terbanyak ketiga ditempati Italia. Total kasus di negeri tersebut mencapai 2.502 dengan jumlah kematian 41.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan empat negara yang dimaksud adalah Korea Selatan, Jepang, Italia, dan Iran. Pemerintah sengaja melakukan pengawasan khusus demi meminimalisir penyebaran virus corona di Indonesia.

Budi bilang di jalur khusus bagi WNA itu nantinya ada pemindai untuk mendeteksi kondisi penumpang. Jika penumpang itu terdeteksi flu dan suhu tubuhnya tinggi, maka akan dikarantina.

Sebelumnya, Budi menyatakan pemerintah sedang mengkaji pembatasan bagi WNA dari Korea Selatan, Jepang, Italia, dan Iran. Empat negara itu disebut episentrum baru virus corona karena jumlah kasus di negara itu naik signifikan.