Lakukan 4 Cara ini, Demi Mencegah Alzheimer Sejak Dini

Lakukan 4 Cara ini, Demi Mencegah Alzheimer Sejak Dini

PrimaDaily – Penyakit Alzheimer bisa menyerang siapa saja. Ada banyak cara untuk mencegah penyakit Alzheimer sejak dini. Misalnya dengan berolahraga dan sering bersosialisasi.

Penyakit Alzheimer merupakan kondisi yang ditandai dengan penurunan daya ingat dan perubahan perilaku seseorang. Memang penyakit sering dialami oleh orang yang sudah lanjut usia. Namun bisa terjadi pada generasi muda.

Ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit Alzheimer ini bisa terjadi, seperti karena usia, gaya hidup, genetik, lingkungan, dan riwayat kesehatan.

Meski belum terbukti secara klinis, setidaknya kita bisa mencegah Alzheimer yang bisa dilakukan sejak dini. Berikut caranya:

1. Menjaga kesehatan jantung

Faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan koleterol tinggi dapat memicu penyakit Alzheimer terjadi. Hasil studi otopsi menunjukan bahwa sebanyak 80 persen orang dengan Alzheimer juga mengidap penyakit kardiovaskular.

2. Melakukan olahraga secara rutin

Melakukan olahraga secara rutin dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Sebab olahrga bisa memberikan mafaat langsung untuk sel-sel pada otak dengan meningkatkan aliran darah dan oksigen.

Menurut Direktur Medis Uji Klinis Center for Alzheimer Research and Treatmen, Gad Marshall mengatakan bahwa latihan fisik bisa mencegah perkembangan Alzheimer atau memperlambata perkembangan gangguan pada orang yang telah memiliki gejala tersebut.

3. Belajar banyak hal

Para ahli meyakini, jika seseorang memiliki banyak kegiatan baru yang merangsang otak bisa membantu mencegah penyakit Alzheimer terjadi. Karena Alzheimer berhubungan dengan kemampuan otak. Namun, sayangnya bukti manfaat hanya ditemukan pada kemampuan berfikir.

4. Aktif kegiatan bersosialisasi

Banyak studi menyebut bahwa menjaga hubungan sosial bisa menurunkan risiko Alzheimer. Kebanyakan temuan ini berfokus pada studi observasional.