Makanan dan Minuman Yang Cocok Dibawa Saat Hiking

makanan yang cocok saat hiking

PrimaDaily – Saat hiking tentukan anda akan memilih makanan yang cocok saat naik gunung. Bisa berupa makanan jadi atau bahkan makanan-makanan mentah. Jika memutuskan membawa makanan mentah berarti anda tidak akan terlepas dari barang bawaan bernama nesting.

Nesting ini nantinya akan digunakan sebagai peralatan memasak, seperti memasak lauk, sayur, dan lain sebagainya. Selain itu jangan lupa untuk menyediakan persediaan kompor gas kaleng. Cukupi gas kaleng sesuai kebutuhan memasak anda.

Setelah alat bantu memasak di gunung sudah anda perlengkapi, saatnya anda menyiapkan makanan yang cocok saat hiking.

1. Beras

Tentunya beras akan dimasak menjadi nasi. Nasi berperan penting dalam menjaga kekuatan anda saat proses pendakian atau penurunan. Berapa hari anda akan hiking, sesuaikan dengan jumlah makan anda. Jangan membawa beras berlebihan sebab akan menambah beban bawaan anda.

2. Telur

Telur kaya akan protein. Anda bisa menyelipkan telur dalam kantong beras agar tidak pecah saat dimasukkan ke dalam carrier. Nantinya bisa anda goreng sebagai sarapan pagi anda atau sebagai makan malam anda.

3. Kerupuk

Cocok sebagai teman lauk. Yang satu ini bobotnya tidak terlalu memberatkan, tak salah bila mengikutsertakan kerupuk dalam daftar bahan makanan yang hendak anda bawa hiking.

4. Sosis

Bawa jugalah sosis saat naik gunung supaya saat di gunung atau di sebuah bukit, anda tetap bisa makan enak.

5. Susu

Anda bisa memilih susu sachet agar tidak terlalu ribet membawa kotak/kaleng susu anda dari rumah. Manfaat susu bagus untuk tulang. Seduh dipagi hari setelah anda melihat sunrise.

6. Kopi jahe atau teh jahe

Yang ini juga pilih yang sachetan. Anda dapat menyeduhnya pada malam hari, agar kehangatan tubuh anda tetap terjaga.

7. Roti gandum

Tentu roti gandum berguna sebagai kekuatan anda saat proses pendakian yang pasti melelahkan. Selain aman, roti gandum bisa mengenyangkan anda. Juga kalorinya lebih rendah.

8. Gula merah

Bagi pecinta alam dan gunung, tentunya gula merah sudah tak asing lagi untuk dibawa. Rasa lelah akan terbayar lewat air mineral. Namun jika hiking anda membutuhkan perjalanan yang lebih dari 3 jam, bagaimana anda bisa menenteng air minum sebanyak-banyaknya. Tentu akan memberatkan anda.

Maka lebih tepat bila membawa gula merah secukupnya. Anda dapat memotong atau mengirisnya kecil-kecil dan mengantonginya selama hiking. Bisa juga menyelipkan dalam kantong tas anda. Bila anda lelah, anda bisa memakan gula merah seperti mengunyah permen setiap 15-30 menit sekali.

9. Sayuran

Sayuran ringan yang tak mudah layu, misalnya wortel, jipang, dan kentang. Saat hiking, energi akan terkuras habis tetapi tubuh harus mengasup banyak vitamin.

10. Cokelat

Cokelat mampu mengurangi rasa bosan dan stres. Nah, ketika perjalanan anda masih jauh, anda bisa sambil mendaki sambil mengunyah cokelat. Jangan lupa untuk menyimpan kembali bungkus cokelat anda ke dalam tas.

11. Ikan kering

Ikan kering bisa berupa ikan teri dan udang kering. Ikan kering cocok untuk menemani makan siang anda sambil menikmati indahnya bukit yang hijau membentang. Turut sertakan juga cabai, bawang, tomat, maupun bahan masakan lainnya agar ikan kering dapat dijadikan sambel.

Semoga artikel ini bermanfaat, selamat hiking! Salam lestari!!!