Makanan Khas Betawi Yang Perlu Anda Coba

makanan khas betawi

PrimaDaily – Orang Betawi tentunya sudah tahu apa saja makanan khasnya, tetapi bagaimana dengan suku lain? Makanan khas orang Betawi patut anda coba.

Ngomong-ngomong soal Betawi, Betawi merupakan suku asli kota Jakarta. Dalam warisan kulinernya, ada banyak jenis makanan khas. Tetapi kini hampir punah akibat masuknya makanan-makanan barat yang cepat digandrungi. Khususnya milenial, banyak yang sudah tidak mengetahui apa saja jenis makanan warisan nenek moyang yang terdahulu.

lihat 5 Zodiak Yang Tak Suka Berbagi Makanan, Anda Termasuk?

Kuliner Betawi memiliki ciri khas bercita rasa gurih dan lezat. Tak percaya? Cobalah mencicipi makanan berikut ini.

1. Kerak Telor

Kerak telor merupakan makanan khas orang Betawi yang paling terkenal, terutama saat ada perayaan Pekan Raya Jakarta. Hampir mirip dengan martabak, hanya saja kerak telor permukaannya lebih tipis. Jika martabak isinya adalah cokelat maupun keju, kerak telor berisikan beras ketan dan ubi lalu ditaburkan ke dalamnya bawang goreng dan kelapa sangrai.

Hal unik dari kerak telor ini terletak pada cara memasaknya. Kerak telor dipanaskan di atas tungku arang. Bila telor sudah setengah matang, akan dibalik wajannya menghadap arang panas, lalu dibiarkan hingga menjadi kerak.

lihat lainnya Resep Salad Buah Yang Cocok Untuk Diet Anda

2. Nasi Uduk Betawi

Proses memasak beras untuk nasi uduk Betawi dengan dikukus dengan santan kelapa, daun salam, daun jeruk, laos, serta serai. Aromanya sangat nikmat dan menggugah selera untuk makan terus.

Sebagai pelengkap, nasi uduk Betawi disandingkan dengan lauk seperti telur dadar, sambal ikan teri, perkedel, bisa juga ayam goreng. Tak lupa juga untuk menambahkan sambal dan lalapan.

3. Nasi Ulam

Masih soal nasi yang merupakan sumber karbohidrat, nasi ulam adalah sebuah kuliner Betawi yang menyandingkan pengaruh kuliner China. Biasanya disiram dengan bumbu semur. Di atasnya ditambahkan cumi goreng, bihun goreng, telur dadar yang diiris, serta perkedel. Taburan kacang tanah tumbuk, sambal goreng, bawang goreng, juga menambahkan kenikmatan nasi ulam ini. Wah, jadi pengen makan lagi.

4. Ketoprak

Bagi para perantau yang jauh dari Jakarta, ketoprak adalah salah satu yang paling dirindukan. Ketoprak terbuat dari ketupat yang berisi bihun, tauge, mentimun, dan tahu. Kuahnya sendiri terbuat dari sambal kacang. Lalu disiram dengan kerupuk. Manis-manis gurih.

5. Pindang Bandeng

Pindang bandeng hampir menyerupai semur. Bedanya, pindang bandeng ditambah dengan belimbing wuluh. Biasanya makanan ini disantap pada saat makan siang ataupun malam hari bersama keluarga tercinta.

6. Kue Cucur

Salah satu kue (makanan) tradisional khas Betawi yang berbahan dasar gula merah. Sangat mudah kita dapatkan pada pasar-pasar tradisional maupun toko kue. Bentuknya bulat pipih dan digireng hingga berwarna agak kecoklatan.

Soal rasa jangan diragukan lagi sebab rasanya manis dan aromanya harum. Tekstur lembut pada bagian tengahnya membuat anda terbuai. Lantas bagian pinggirnya yang renyah juga semakin membuat anda kecanduan untuk selalu memakannya.

7. Putu Mayang

Putu mayang terbuat dari tepung beras dan tepung kanji dan dibentuk seperti mie. Penyajiannya dengan menambahkan santan kelapa dan kinca/gula jawa cair, cocok untuk dinikmati saat sedang bersantai.

8. Getuk Lindri

Bahan utama getuk lindri adalah singkong. Biasanya makanan khas satu ini dibuat dalam aneka macam warna. Bisa hijau, merah, putih, kuning, bahkan oranye. Pengolahannya dengan cara dikukus.

9. Semur Jengkol

Jengkol memang musuh sebagian orang karena baunya yang menyengat. Tapi soal rasa, jengkol yang dijadikan semur dapat membuat orang terhipnotis sendiri. Semur jengkol banyak dijumpai saat perayaan-perayaan besar seperti Idul Fitri, acara pernikahan, ataupun acara-acara khusus orang Betawi.

10. Soto Tangkar

Soto tangkar juga menjadi salah satu makanan khas betawi yang masih dijaga kelestariannya kini. Bahan dasar soto tangkar ini adalah daging sapi, sehingga anda butuh waktu yang cukup lama untuk proses pengolahannya. Anda bisa mencicipi soto tangkar di beberapa restoran tradisional di Jakarta.