Menjaga Pola Makan Yang Benar, Anda Harus Tahu

menjaga pola makan

PrimaDaily – Menjaga pola makan yang benar haruslah memang untuk selalu kita perhatikan. Makan normal dalam sehari adalah tiga kali, yakni pagi, siang, dan malam. Sorenya bisa kita isi dengan memakan makanan seperti kue, donat, rot tawar, jus, teh, mie, dan lain sebagainya.

Ketika gaya hidupmu berubah maka pola makanmu bisa juga otomatis berubah. Tapi apakah yang kamu makan adalah makan makanan yang sehat dan bermanfaat bagi tubuh?

Berikut kebiasaan baik untuk menjaga pola makan agar tetap benar.

  • Mengunyah makanan secara perlahan

Hal ini tentu sangat baik untuk kita lakukan. Waspadalah terhadap kalori. Mengunyah makanan yang terlalu cepat bisa memicu diabetes.

Sebuah studi mengatakan bahwa mengunyah makanan lebih lambat bisa membantu mencegah sindrom metabolik, yang mana sindrom metabolik artinya kondisi yang terjadi menaik secara bersamaan, seperti peningkatan kadar gula darah dan tekanan darah. Kelebihan lemak di area pinggang juga termasuk.

Jadi lebih baik mengunyah makanan secara perlahan, yaitu sebanyak 28 sampai 32 kali sebelum makanan masuk ke dalam tubuh lewat kerongkongan.

  • Jangan lupa untuk sarapan

Sarapan yang tinggi protein sangat dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh. Menurut studi, makanan yang tinggi protein seperti putih telur mampu menahan lapar sehingga berat badan bisa terkontrol dengan baik.

Jadi, jangan pernah melupakan sarapan setiap pagi.

  • Hindari minuman soda dan beralkohol

Soda sering ditemui pada produk-produk minuman terkenal yang dijual bebas di banyak supermarket. Sedangkan minuman beralkohol umumnya diperuntukkan bagi orang yang sudah cukup usia (dewasa). Kedua hal ini membuat pola makanmu menjadi tidak baik.

Jika anda masih bergaya hidup seperti ini secara terus-terusan, maka jangan salah bila anda akan mendapat efek yang mungkin bisa fatal atau menyebabkan kematian.

  • Minum air sebelum dan sesudah makan

Begitu rasa lapar anda melanda, sebelum makan minumlah air mineral terlebih dahulu supaya membantu pencernaan bekerja lebih baik.

Air bisa memberikan rasa kenyang, sehingga tidak membutuhkan banyak makanan untuk mencapai titik kekenyangan.

  • Kurangi mengonsumsi camilan dan makanan fast food

Disamping mengenyangkan serta sebagai penunda lapar, camilan dan fast food adalah dua makanan yang selalu membuat kita tertarik untuk selalu memakannya. Jika anda sedang berada pada situasi itu, ingatlah bahwa memasak makanan sendiri di rumah jauh lebih sehat dan tentunya baik untuk menjaga pola makanmu agar tetap benar.

Baca Juga : Bahaya Mengonsumsi Junk Food Setiap hari

Kalori pada makanan cepat saji yang ada di restoran-restoran itu lebih besar yang dapat membuat berat badan anda naik secara signifikan. Jika anda ingin cemilan, anda tetap bisa mengonsumsinya. Hanya saja diperlukan pengaturan asupannnya.

  • Kurangi mengonsumsi makanan yang mengandung garam

Kelebihan sodium bisa meningkatkan tekanan darah dan resiko terkena stroke. Selain itu bisa membuat kita menjadi sulit berpikir.

  • Lengkapi dengan serat

Melengkapi tubuh dengan serat merupakan salah satu bentuk dari menjaga pola makan yang benar. Dengan kita banyak mengonsumsi serat maka makanan akan mudah dicerna.

Orang-orang yang berusia 50 tahun ke bawah, ada bagusnya untuk mengonsumsi serat sebanyak 25 gram serat per hari (untuk wanita), dan 38 gram per hari (untuk pria).

 

Lihat Artikel Lainnya : Tanda Terlalu Banyak Orang Mengonsumsi Gula