Profil Vin Diesel: Seorang Aktor Juga Penulis Skenario Terhebat

Profil Vin Diesel: Seorang Aktor Juga Penulis Skenario Terhebat

PrimaDaily– Taukah Andan siapa yang memerankan karakter Dominic Toretto di seri ‘The Fast and the Furious’? Ya, Vin Diesel. Mari kita bahas profil aktor Vin Diesel, sehingga kita tahu bahwa Vin Diesel adalah aktor yang terhebat asal Amerika.

Profil Vin Diesel 

Mark Vincent adalah nama asli dari Vin Diesel, artis terkenal di Hollywood. Vin Diesel adalah aktor, sutradara, produser, pengisi suara dan penulis skenario Amerika. Nama Vin Diesel terkenal setelah memerankan karakter Dominic Toretto di seri ‘The Fast and the Furious’.

Vin Diesel lahir pada 18 Juli 1967 di New York City. Sejak kecil Vin Diesel selalu tertarik dengan dunia akting. Saat usia 7 tahun, Vin Diesel pertama kali tampil di panggung dalam teater anak-anak yang disebut Dinosaur Door. Teater itu dipertunjukkan di Teater for the New City di kampung Greenwich di New York.

Vin Diesel pernah belajar menulis kreatif di Hunter College. Dari kampusnya itu, Vin Diesel terinspirasi untuk menulis skenario. Meski jadwal Vin Diesel padat, ia tetap mengikuti kegiatan teater sepanjang masa remajanya.

Karier Vin Diesel

Sejak umur 7 tahun Vin Diesel sudah berkegiatan di panggung drama. Pada saat usia 17 tahun, Vin Diesel sudah memiliki tubuh yang kekar sehingga ia menjadi penjaga di beberapa klub di New York. Pada saat itulah ia mengubah namanya menjadi Vin Diesel.

Setelah setahun, Vin Diesel kembali ke New York. Sang ibu kemudian memberi Vin Diesel sebuah buku berjudul “Feature Films at used Car Prices” oleh Rick Schmidt. Buku itulah yang menyadarkan Vin Diesel bahwa ia dapat menulis sendiri perjalanan kariernya dan membuat film sendiri.

Vin Diesel menulis film pendek berdasarkan pengalamannya sendiri sebagai aktor, yang disebut ‘Multi-Facial’ (1995), yang pengerjaannya berlangsung dalam waktu kurang dari tiga hari dengan biaya 3 ribu Dolar Amerika Serikat. Akhirnya ‘Multi-Facial’ diterima untuk Cannes Film Festival 1995 di mana Vin Diesel mendapat sambutan yang beragam.

Steven Spielberg terkesan oleh ‘Multi-Facial’ dan ingin bertemu dengan Vin Diesel. Berkat Steven Spielberg, Vin Diesel mendapat peran dalam ‘Saving Private Ryan’. ‘Multi-Facial’ membuat Vin Diesel mendapat lebih banyak pekerjaan. Sutradara ‘The Iron Giant’ melihatnya dan memutuskan untuk memasukkan Vin Diesel ke film tersebut.

Dari film tersebutlah, karier Vin Diesel terus berkembang, dengan dia mendapatkan peran utama pertamanya, seperti Richard B. Riddick dalam film fiksi ilmiah ‘Pitch Black’. Peran itu membuat Vin Diesel mendapatkan banyak penggemar yang setia dan pengakuan publik yang layak diterimanya.

Film yang diperankan Vin Diesel

(1990) Awakenings

(1994) Multi-Facial

(1997) Strays

(1998) Saving Private Ryan

(1999) The Iron Giant

(2000) Boiler Room

(2000) Pitch Black

(2001) The Fast and the Furious

(2001) Knockaround Guys

(2003) A Man Apart

(2004) The Chronicles of Riddick

(2004) The Chronicles of Riddick: Dark Fury

(2005) The Pacifier

(2006) Find Me Guilty

(2006) The Fast and the Furious: Tokyo Drift

(2008) Babylon A.D.

(2009) Los Bandoleros

(2009) Fast & Furious

(2011) Fast Five

Penghargaan yang pernah diterima Vin Diesel                                                               

(1999) Online Film Critics Society Award – Best Cast

(2002) MTV Movie Award – Best On-Screen Team

(2004) Spike Video Game Award – Best Performance by a Human Male

(2005) Video Software Dealers Association Award – Male Star of the Year

(2011) CinemaCon Award – Action Star of the Year

(2013) Walk of Fame – Motion Picture

(2014) MTV Movie Award – Best On-Screen Duo

(2015) Teen Choice Award – Choice Movie Actor: Action

(2016) People’s Choice Awards – Favorite Movie

(2016) People’s Choice Awards – Favorite Action Movie

(2018) Black Reel Awards – Outstanding Voice Performance