Warga Indonesia Wajib Mengetahui 7 Upacara Adat Ini!

Warga Indonesia Wajib Mengetahui 7 Upacara Adat Ini!

Primadaily– Kebudayaan Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki kebudayaan yang berbeda, seperti pada upacara adat yang dilakukan masing-masing daerah.

Upacara adat yang dilakukan, biasanya secara turun temurun sesuai dengan kepercayaan daerah masing-masing. Tujuan setiap upacara pada masing-masing daerah berbeda. Misalnya, upacara adat yang dilakukan untuk perkawinan, kelahiran, maupun kematian.

Inilah upacara adat di Indonesia beserta tujuannya:

1. Peusijuk di Aceh

Peusijiuk adalah nama upacara adat dari daerah Aceh. Upacara adat ini biasa dilakukan oleh masyarakat Aceh dengan tujuan sebagai ucapan rasa syukur kepada Tuhan. Upacara Peusijuk dilakukan dalam acara pernikahan, rumah baru, naik haji, dan kelahiran

2. Ngaben di Bali

Bali memiliki upacara adat yang bernama Ngaben. Porsesi Ngaben merupakan upacara terkait kematian dengan membakar jenazah yang kemudian dihanyutkan abunya ke laut atau sungai.

3. Kasada di Jawa Timur

Upacara yang ada di Jawa Timur adalah Kasada. Upacara adat Kasada ini adalah milik suku Tengger yang memeluk agama hindu untuk meminta pengampunan dari Brahma atau Dewa Pencipta.

Biasanya dalam upacara Kasada ini, suku Tengger melempar beberapa sesajen, seperti sayuran, buah-buahan, hasil ternak, ataupun uang ke kawah Gunung Bromo.

4. Mekikuwa di Sulawesi Utara

Sebagai rasa ucap syukur masyarakat Manado, Sulawesi Utara, akan melakukan upacara yang dinamai dengan Mekikuwa.

Upacara yang dilakkan masyarakat Sulewei Utara adalah bukti rasa syukur atas pemeliharaan sepanjang tahun, dan juga memohon agar Tuhan memberikan berkat kepada tahun yang baru.

5. Dahau di Kalimantan Timur

Upacara Dahau adalah upacara yang berasal di Kaimantan Timur. Upacara ini dilakukan untuk memberikan nama kepada anak yang masih keturunan bangsawan. Pelaksanaan upacara Dahau ini bisa sampai satu bulan, karena banyak ritual yang dilakukan.

6. Ngebabali di Lampung

Apabila masayarakat Lampung ingin membuka lahan baru untuk berlandang, maka upacara adat yang dilakukan adalah upacara Negebabali. Upacara adat ini dilakukan sebagai rasa syukur ketika seseorang akan membuka rumah baru atau lahan baru untuk berladang.

7. Pesta Bakar Batu di Papua

Pesta Bakar merupakan upacara adat asal daerah Papua. Upacara adat ini dilakukan  sebagai ungkapan rasa syukur sekaligus bersilaturahmi antar warga sekitar. Prosesi yang dilakukan dalam upacara ini adalah dengan membakar babi dan memakannya bersama-sama.