5 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan, Bisa Melawan Infeksi

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan

PrimaDaily – Siapa yang tidak kenal buah yang satu ini, buah sirsak yang manis dan lembut ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan loh. Selain bisa meningkatkan daya tahan tubuh juga bisa melawan infeksi  serta bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Buah sirsak banyak ditemukan di daerah beriklim tropis. Buah bernama latin Annona muricata ini sangat mudah ditemukan di Indonesia dan umum dijadikan santapan. Buah sirsak sering dikonsumsi langung atau dijadikan jus, puding, atau campuran es buah.

Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah sirsak mengandung vitmin C dan antioksidan yang dapoat menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu juga membantu menangkal radikal bebas di dalam tubuh serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit kronis.

2. Meringankan peradangan

Dengan ekstrak buah sirsak diketahui mampu meringankan peradangan akibat asam urat, hipertensi dan arthritis. Namun sejauh ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan khasiat dari buah sirsak ini.

3. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dalam buah sirsak yang tinggi sangat baik untuk menjaga saluran cerna. Rutin mengonsumsi buah-buahan, termasuk buah sirsak, juga baik untuk mengatasi dan mencegah sembelit.

4. Melawan infeksi

Suatu riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah sirsak terlihat dapat membunuh bakteri, virus, serta parasit. Ditambah kandungan nutrisinya yang dapat memperkuat daya tahan tubuh, buah sirsak dipercaya baik untuk membantu pemulihan tubuh setelah terkena infeksi.

5. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Di dalam buah sirsak, terkandung antioksidan dan beragam zat kimia lain yang memiliki sifat antikanker. Beberapa studi di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah dan daun sirsak terlihat dapat menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti kanker payudara, prostat, usus besar, hati, ginjal, dan mulut.

Berbagai penelitian memang telah menunjukkan berbagai manfaat buah sirsak untuk kesehatan. Namun, perlu diingat, manfaat sirsak tersebut baru diketahui berdasarkan hasil studi dari beberapa penelitian berskala kecil.